Bahas Tuntas Perbedaan GSM dan CDMA

Pasti kamu sering bertanya apa beda GSM dengan CDMA? mana yang lebih baik? dan masih banyak lagi pertanyaan lain, Setiap konsumen berpikir tentang penyedia jaringan selular, perhatian utama mereka adalah berkaitan dengan cakupan, kualitas, dukungan, harga, dan faktor-faktor lain tetapi ketika kamu memilih operator jaringan, Kamu juga membuat pilihan antara jaringan GSM atau jaringan CDMA, tapi mana yang lebih bagus dan apa perbedaan antara keduanya? Oke mari kita lihat lebih dekat tentang GSM dan CDMA.

Apa itu GSM?

GSM singkatan dari Global System for Mobile Communication, dan sekarang dianggap sebagai standar untuk komunikasi global. Asosiasi GSM adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan pada tahun 1987, yang dimaksudkan untuk mengembangkan dan mengawasi perluasan standar nirkabel GSM.

GSM sendiri pada dasarnya bekerja dengan fitur timeslot, yang merupakan salah satu pengembangan dari teknologi Time Division Multiple Access, yang mana memungkinkan setiap user untuk dapat mengirimkan data dan juga informasi berdasarkan satuan yang terbagi oleh waktu. Hal ini membuat setiap paket data akan tebagi-bagi ke dalam timeslot tertentu. Timeslot ini merupakan slot yang akan digunakan oleh jaringan GSM selama beberapa waktu atau temporer.

Apa itu CDMA?

CDMA, atau Code Division Multiple Access, adalah standar yang dirancang dan dipatenkan oleh Qualcomm, tetapi kemudian digunakan sebagai dasar untuk CDMA2000 dan WCDMA standar untuk 3G. Namun, karena sifat eksklusif, CDMA belum melihat adopsi global yang GSM memiliki, dengan kurang dari 18% dari jaringan di seluruh dunia menggunakan CDMA,

Secara teknis, pengguna jaringan CDMA nantinya akan menggunakan code unik agar dapat mengakses channel yang sudah ada pada sistem. Kode unik, berarti setiap user akan memiliki kode-kode yang berbeda pula satu sama lain.Secara teknis, pengguna jaringan CDMA nantinya akan menggunakan code unik agar dapat mengakses channel yang sudah ada pada sistem. Kode unik, berarti setiap user akan memiliki kode-kode yang berbeda pula satu sama lain.

Perbedaan GSM & CDMA

Apabila dibandingkan maka tentu saja GSM dan juga CDMA memiliki banyak perbedaan. Meskipun ketika pertama kali diluncurkan keduanya sama-sama menggunakan 2G atau sama-sama merupakan generasi kedua, namun dari banyak aspek keduanya sangat berbeda jauh. Perbedaan keduanya mencakup banyak aspek. Berikut ini adalah beberapa aspek yang membedakan GSM dengan CDMA.

1. Luas Cakupan BTS

Sangat jelas jika jumlah BTS antara GSM dengan CDMA yang dimiliki oleh GSM jauh lebih banyak dibandingkan dengan CDMA. Hal ini disebabkan karena beberapa wilayah tertentu tidak memiliki banyak pelanggan, sehingga hal ini membuat pembangunan BTS dari CDMA juga menurun Sebaliknya popularitas GSM meningkatkan karena jumlah BTS yang dimiliki oleh GSM jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan CDMA.

2. Kemampuan Roaming

Aspek kedua yang bisa kita bandingkan mengenai perbedaan GSM dan juga CDMA adalah mengenai kemampuan roaming. Roaming merupakan kemampuan sebuah jaringan telekomunikasi agar dapat bekerja pada wilayah-wilayah tertentu. Secara teknis, GSM memiliki kemampuan roaming, yang membuat GSM bisa digunakan dimana saja di dalam regional yang berada di wilayah Indonesia, secara umum.

Berbeda dengan GSM, CDMA tidak selamanya bisa digunakan secara bebas. Karena ketika kamu menggunakan jaringan berbasis CDMA maka kamu akan dikenakan biaya tambahan, yaitu biaya roaming. Untuk menghindari hal ini, maka biasanya beberapa operator jaringan CDMA akan mengenalkan fitur layanan combo untuk menghindari roaming, yang memungkinkan sebuah nomor operator CDMA memiliki nomor sama seperti nomor GSM, sehingga tidak terkena roaming.

3. Jumlah Pengguna

Apabila dilihat berdasarkan jumlah penggunanya, maka sudah pasti GSM merupakan operator yang paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan dunia, terutama Eropa. Hal ini membuat banyak sekali operator GSM yang berkembang dan meluaskan jaringannya ke seluruh pelosok.

Kebalikan dari operator GSM, CDMA memiliki pengguna yang jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan GSM. Hal ini membuat banyak operator CDMA kalah bersaing, dan saat ini tinggal sedikit yang bertahan di tengah persaingan operator seluler di Indonesia, bahkan dunia.

4. Keamanan Komunikasi Jaringan

Jika dilihat dari aspek Jaringan CDMA, yang menggunakan kode kode unik pada setiap jaringannya menyebabkan penggunaan CDMA menjadi jauh lebih aman ketimbang GSM yang hanya mengandalkan timeslot.

Keamanan jaringan CDMA ini sangatlah diperhitungkan, maka dari itu, jaringan seluler CDMA sering digunakan dalam transakasi keuangan, telepon pribadi, dan juga beberapa kepentingan komunikasi yang sifatnya penting lainnya, termasuk militer.

Persamaan GSM & CDMA

Meskipun kedua jenis jaringan seluler ini memiliki perbedaan, ternyata keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu baik jaringan CDMA maupun GSM sama-sama dapat melakukan akses data, text, dan juga suara. Itu artinya pengguna yang ingin melakukan akses internet juga bisa menggunakan jaringan seluler GSM ataupun CDMA, karena memang keduanya sudah mendukung.

Lebih bagus mana GSM atau CDMA?

Pertanyaan seperti ini agak sulit untuk dijawab. Mengapa? Karena pada dasarnya kebutuhan orang yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan lebih bagus GSM atau CDMA untuk penggunaan jaringan selulernya. Ada beberapa kebutuhan yang bisa kamu perhatikan dalam memilih operator CDMA ataupun GSM. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang mungkin bisa kamu perhatikan dalam memilih operator GSM ataupun CDMA:

1. Mobilitas

Mobilitas merupakan kebutuhan user untuk sering pergi ke berbagai tempat, baik untuk urusan pekerjaan, ataupun hanya sekedar berwisata saja. Apabila kamu adalah orang dengan mobilitas yang tinggi, maka nomor jaringan seluler GSM merupakan pilihan yang tepat. Hal ini disebabkan kerena GSM memiliki jaringan dan juga cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan CDMA, sehingga dapat kamu andalkan untuk kebutuhan mobilitas.

2. Kualitas jaringan dan sinyal

Kualitas jaringan di lokasi tempat kamu tinggal pun bisa menjadi pertimbangan.

3. Fungsionalitas

Dari segi fungsionalitas GSM dan juga CDMA bisa menjadi pilihan, karena keduanya memiliki fungsionalitas yang hampir beragam. Namun, untuk kestabilan dan juga wilayah cakupan, mungkin GSM sedikit lebih unggul apabila dibandingkan dengan CDMA.

Akan tetapi CDMA memiliki kualitas sinyal yang baik, dan juga keamanan data yang juga sangat baik, terutama untuk transaksi elektronik. Maka dari itu, bagi user yang membutuhkan keamanan dan juga kenyamanan saat melakukan akses data, mungkin jaringan CDMA bisa menjadi andalan.

Baik GSM ataupun CDMA memiliki kekurangan maupun kelebihan semuanya tergantung kamu sebagai pengguna seperti yang katakan diatas Karena pada dasarnya kebutuhan orang yang berbeda-beda, Semoga Postingan ini dapat memberikan solusi bagi kamu yang bingung memilih GSM dan CDMA.