PPSSPP, Emulator PSP Paling Dicari - Android memiliki komunitas game emulasi yang cukup besar, hal ini terwujud berkat kemampuan smartphone berspesifikasi besar yang sanggup memainkan software game-game konsol lawas tanpa kepayahan.

Namun konsol 3D dan mesin portabel terbaru agak sulit diemulasikan karena membutuhkan lebih banyak tenaga dan software yang lebih kompleks untuk dapat menjalankan game yang lebih besar dan lebih membutuhkan sumber daya untuk dapat berjalan dengan baik.

PPSSPP Emulator yang dikhususkan bagi perangkat Playstation Portable telah dirilis untuk beberapa platform beberapa tahun belakangan ini, namun akhirnya versi 1.0 berhasil menembus Google Play Store untuk pertama kalinya.

PPSSPP, Emulator PSP Paling Dicari

PPSSPP, Emulator PSP Paling Dicari

PPSSPP memiliki semua kebutuhan standar mesin emulator pengaturan kontrol keyboard, upscaling layar HD (karena PSP yang asli hanya memiliki resolusi layar 480 x 272), bahkan mendukung permainan multiplayer dengan Wi-fi baik lokal maupun online.

Proses pengaturan selanjutnya juga sudah tersedia untuk disesuaikan dengan perangkat Android anda. Seperti biasa, untuk game-game yang memiliki demand besar biasanya membutuhkan tweak khusus agar bisa disesuaikan dengan pengaturan terbaik. Ini karena game-game 3D yang ada pada katalog PSP memiliki tingkat kerumitan pengaturan yang tinggi terlebih jika device anda tidak memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Tampilan aplikasi ini mirip dengan tampilan standar file manager mobile emulator lain – sekaligus dimirip-miripin dengan tampilan bergaya video game ala Sony. PPSSPP adalah aplikasi bermuatan iklan yang tersedia diunduh secara gratis untuk Android 2.3 ke atas. Sebenarnya ada juga versi Pro – atau untuk PPSSPP disebut versi Gold yang dijual dengan harga $5.99 yang akan menghapus iklan yang ada untuk anda.

Seperti halnya emulator lain, anda memerlukan file game berupa ISO/CSO dari game yang anda inginkan untuk dapat memainkannya melalui emulator, simpan file tersebut di microSD. Sebagai catatan, emulator ini hanya berfungsi untuk Playstation Portable, bukan versi teranyar PSP seperti Playstation Vita.

Beberapa game yang sudah dipastikan dapat dimainkan antara lain Persona 2 dan Persona 3 Portabel, Dragon Ball Z, Little Big Planet, Burnouts Legend dan Burnout Dominator, Final Fantasy Crisis Core dan Final Fantasy Type-0, Monster Hunter 2 Unite dan Monster Hunter 3 HD Remake, Soul Calibur, Tekken Dark Ressurection dan Tekken 6, Worms, Wipeout, Lumines, Grand Theft Auto Liberty City Stories dan Grand Theft Auto Vice City Stories dan lain-lainnya.