Cara Mengatasi Android Bootloop Mati Total

Jika kalian mempunyai android pastinya kalian sudah tak asing lagi dengan yang namanya bootloop, bootloop merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada android sehingga ponsel android kalian gagal untuk melakukan start up, dan hal ini biasanya di tandai adanya logo android yang berada pada ponsel kalian secara terus – menerus, jika ponsel kalian mengalami hal tersebut janganlah panik, kalian bisa mengikuti langkah – langkah yang saya berikan sebagai berikut ini :

Android light bootloop

Untuk mengatasi bootloop yang penggunaan secara normal, biasanya kita bisa melepaskan baterai pada pc android, bootloop yang bermasakan bisa segera teratasi dan ponsel kembali di pakai, pada ponsel lebih mudah melepas baterai tinggal membuka casing belakangnya saja, tapi untu tablet kita memerlukan solder untuk bisa membuka baterai yang telah menempel secara permanent pada mainboard.

Android medium bootloop

Biasa mucul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting).

Android hard bootloop

Untuk mengatasi masalah bootloop yang seperti ini kalian memerlukan software yang terdapat pada laptop, dalam kasus tertentu kalian bisa melakukan instal ulang os android kalian yang umumnya di sebut flashing, cara flashing sangat berbeda – beda, pada kasus hard bootloop android penting untuk mengetahui hardware apa yang di gunakan, misalnya.

  • Untuk phone android dengan fitur nelpon menggunakan cpu mtk perlu menggunakan alat bantu flashing tool seperti sp flash tool cdigunakan untuk cpu mtk
  • Sedangkan untuk mengatasi bootloop android dengan chipset cpu allwinner perlu menggunakan livesuits
  • Jika kalian ingin flashing rom menggunakan micro sd kamu perlu menggunakan software tool phoenix card
  • Beberapa servis tablet android maupun hp andoid perlu mengetahui beberapa cara membuat custom rom yang cocok untuk mengatasi android bootloop

Cara Mengatasi Android Bootloop

Pertama : Masuk Recovery mode

Caranya matikan dulu handphone / tabletnya » tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.

Catatan : Cara untuk masuk recovery mode (kombinasi tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe dengan tipe lainnya.

Dalam menu recovery mode,  biasanya Anda tidak dapat menggunakan touchscreen. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe hp Android).

Kedua : Lakukan Wipe Data / Factory Reset

Setelah berada pada menu recovery mode, pilihlah fitur “Wipe Data / Factory Reset” selanjutnya restart handphone Anda.

  1. Minimal daya baterai masih cukup sekitar 60% Buat jaga-jaga.
  2. Matikan hp android kamu.
  3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
  4. Gunakan tombol Volume, arahkan hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone

Info : Hal ini juga dapat kamu lakukan apabila lupa akan password atau pengunci pola,PIN,Aplikasi error (seperti font changer) handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode » lakukan Factory Reset / Wipe data.

Ketiga : Lakukan Flashing

Jika masih mengalami bootloop kamu bisa flash ulang android kamu dengan rom yang baru,untuk tutorial tidak saya jelaskan disini karena setiap tipe android berbeda-beda cara flashing maupun file yang dibutuhkan untuk flashing. Kamu dapat mencarinya di google sesuai kata kunci yang kamu butuhkan, contohnya : Cara Flashingnama hp android kamu

Sekian informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat~!