Jika ingin berkirim file dengan perangkat lain, biasanya kamu menggunakan koneksi apa? Saat ini, sudah ada beberapa konektivitas yang bisa dipakai untuk mengirim file, di antaranya infrared, Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi. Nah, koneksi infrared ini sempat populer 10 tahun yang lalu. Koneksi ini meminta dua perangkat saling didekatkan satu sama lain. Kalau bisa jaraknya tak begitu jauh atau kurang dari 50 cm.

10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Transfer File Menggunakan Wi-Fi

Sementara Bluetooth, lebih canggih lagi. Pengiriman file menggunakan Bluetooth sedang populer karena dapat berkirim file hingga jarak 10 meter. Sementara NFC hampir sama dengan infrared, namun dengan kecepatan yang lebih tinggi. Terakhir adalah Wi-Fi yang merupakan konektivitas dengan jangkauan terjauh. Hal ini karena Wi-Fi bisa meng-cover seluruh daerah yang terjangkau dalam jaringan Wi-Fi. Pengiriman filenya pun lebih cepat dari konektivitas lainnya.

Nah, sekarang ada aplikasi bertransfer file terbaik yang menggunakan Wi-Fi. Aplikasi terbaik ini disediakan khusus untuk perangkat Android. Berikut beberapa aplikasi Android terbaik untuk mentransfer file menggunakan Wi-Fi.

Catatan : Review 10 aplikasi dibawah dapat kamu cari di Playstore,Gratis!

1. Zapya

Aplikasi Zapya tergolong aplikasi transfer file yang menarik karena dia tidak membatasi seberapa besar ukuran file yang akan dikirim. kamu cukup menginstal aplikasi Zapya di kedua perangkat Android dan menikmati kecepatan transfer yang menakjubkan.

2. Xender

Aplikasi Xender lebih canggih lagi. Fungsinya sama persis dengan aplikasi Zapya, namun aplikasi ini mengirim file ke beberapa perangkat, bahkan lintar platform sekalipun. Jadi, aplikasi Xender dapat digunakan untuk mengirim file dari perangkat Android ke perangkat iOS, begitu pula sebaliknya.

3. Send Anywhere

Aplikasi Send Anywhere juga salah satu pilihan kami dalam bertransfer file. Aplikasi ini mempunyai sistem pairing yang unik. Jadi, Anywhere menggunakan kombinasi 6 digit untuk menyelaraskan antar dua perangkat. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan proses login dan dapat menyambungkan proses transfer lebih mudah.

4. WiFiDroid

Aplikasi WiFiDroid dikhususkan untuk mengirim file melalui Wi-Fi namun dengan ukuran file dan konsumsi RAM yang kecil. Di samping itu, aplikasi ini juga dapat mengirim streaming lagu dan kamera perangkat mobile ke komputer. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan kamera perangkat mobile kamu sebagai kamera CCTV.

5. SHAREit

Aplikasi SHAREit adalah aplikasi berkirim file menggunakan Wi-Fi yang paling populer. Kepopuleran ini karena aplikasi tersebut dapat mengirim file dengan kecepatan tinggi. Selain itu, aplikasi SHAREit juga memiliki kemampuan seperti aplikasi Xender, yakni berkirim file lintas platform Android dan iOS.

6. Superbeam

Aplikasi Superbeam juga tak kalah terkenal dengan SHAREit. Pasalnya, aplikasi ini dapat mengirim file antar perangkat Android hanya dengan pairing via QR-Code dan NFC. Bahkan, jika salah satu perangkat belum memiliki Superbeam, perangkat tersebut tetap dapat mengirim file melalui website.

7. WiFi Share

Aplikasi WiFi Share juga tak kalah hebat dibandingkan aplikasi transfer file yang lain. Aplikasi ini mempunyai kecepatan transfer yang tinggi, yakni dalam waktu satu detik saja file sebesar 2,5 MB bisa langsung terkirim ke perangkat yang lain. Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat Android.

8. Fast File Transfer

Aplikasi Fast File Transfer mempunyai keistimewaan berkirim file melalui Wi-Fi yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Hal ini disebabkan Fast File Transfer mempunyai fitur pengompresi file yang dikirim dalam bentuk ZIP secara otomatis. Dengan begitu, pengirimannya akan lebih cepat.

9. WiFi Shoot

Aplikasi WiFi Shoot juga bisa kamu andalkan untuk berkirim file menggunakan jaringan Wi-Fi. Namun, aplikasi ini tidak memiliki kelebihan yang unik dan hanya dapat mengirim file antar perangkat Android saja.

10. Portal

Aplikasi Portal tak berbeda jauh dengan aplikasi transfer file yang lain. Hanya saja, aplikasi ini lebih mudah karena memiliki fitur drag and drop yang menarik. Aplikasi ini juga dapat menyimpan foto yang dikirim langsung ke galeri penerima.

Itulah 10 aplikasi Android terbaik untuk transfer file menggunakan Wi-Fi. Dari 10 aplikasi yang disajikan, kamu tertarik menggunakan aplikasi yang mana?