Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang - Jika Kita pengguna smartphone Android ingin melakukan download suatu aplikasi, tentu kita harus melewati Play Store. Karena Play store ini adalah wadah untuk mencari atau menemukan segala jenis aplikasi atau game yang bisa kita download secara gratis.

 

Namun ada kalanya aplikasi bawaan dari Android tersebut yaitu Play Store mengalami beberapa masalah yang sangat mengganggu. masalah - masalah yang sering terjadi diantaranya aplikasi Play Store tidak bisa di buka atau bahkan mengalami kegagalan download.

 

Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang

Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang

 

Sering sekali para pengguna smartphonr Android mengeluh tentang aplikasi bawaan dari Android yaitu Play store mengalami kemacetan, entah itu tidak bisa mendownload aplikasi atau mengalami crash.

 

Jika terjadi hal seperti itu, tentu sangat mengganggu karena Play Store merupakan salah satu aplikasi pentiny untuk smartphone Android. Jika Anda sering mengalami kejadian tersebut, berikut ini kami akan membagi tips dan trik Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang.

 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut lakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Lakukan Restart Ulang Hp Android Anda

Melakukan Restart Ulang Hp merupakan cara praktis dalam mengatasi segala permasalahan dalam sebuah smartphone Android. Nah jika aplikasi Play Store Anda bermasalah silakan saja coba me restart ulang hap Android Anda.

 

2. Hapus Cache / Memori Google Play Store

Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang yang kedua adalah menghapus data serta cache pada aplikasi yang bermasalah. Seperti pada kasus ini yaitu aplikasi Play Store, maka silakan langsung hapus seluruh data serta Cache pada aplikasi Play Store tersebut.

 

Cara untuk menghapus memori cache Play Store, pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > Atur Aplikasi > Pilih Tab Semua > Cari Google Play Store > Lalu Hapus Memori.

 

3. Tutup Paksa Aplikasi Play Store

Jika kedua Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang di atas masih belum berhasil, maka yang harus Anda lakukan adalah menutup paksa atau memberhentikan aplikasi tersebut secara paksa. Cara yang satu ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan pada suatu aplikasi.

 

Cara Melakukannya adalah pergi ke menu Pengaturan > Atur Aplikasi > Pilih Tab Berjalan > Lalu Cari Layanan Google Play Store > Kemudian Klik Berhenti.

 

4. Cek Aplikasi yang Diblokir

Terkadang pada smartphone Android ada juga aplikasi yang di blokir, entah itu sengaja atau tidak, nah untuk memastikan saja silakan cek aplikasi yang diblokir lalu hapus saja aplikasi tersebut agar tidak memenuhi ruang penyimpanan Android Anda.

 

Cara memeriksa aplikasi yang diblokir, buka menu Pengaturan > Aplikasi > Pilih Semua > Cari Aplikasi yang dalam keadaan disable, kalau ada tinggal aktifkan kembali aplikasi tersebut.

 

Nah itulah beberapa Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang, Namun jika cara - cara di atas tidak berhasil maka Anda harus uninstal aplikasi tersebut dan selanjutnya Anda instal ulang aplikasi Play Store ersi terbaru.

 

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Play Store Eror atau Hang, semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.