Cara Cek Smartphone Android yang Bisa Dipasang Gcam

Apa itu Google Camera (versi modifikasi biasa disebut Gcam) adalah aplikasi kamera bawaan Google Pixel yang sangat populer, saking populernya banyak developer yang mengembangkan Gcam untuk berbagai smartphone.

Kenapa Gcam banyak digemari?

Google Camera menjadi salah satu aplikasi kamera paling populer saat ini. Berbeda dibanding yang lainnya, Gcam fitur-fitur unggulan, seperti potrait, HDR+ Enhanced, hingga Night Sight.

Seperti yang diketahui, tidak semua smartphone Android mendukung penggunakan Gcam untuk mengambil foto maupun video.

Kriteria Smartphone Android Support Gcam

Ada beberapa kriteria khusus agar smartphone bisa menjalankan Gcam dengan stable/lancar, antara lain: Support Camera2 api

Apa itu Camera2 API? Singkatnya Camera2 API merupakan sebuah framework yang memungkinkan developer untuk mengakses fitur-fitur kamera yang meliputi, exporsure, focus hingga ISO.

Karena syarat aplikasi Gcam harus support Camera2 API, tentunya smartphone harus bisa memberikan akses Camera2 API. Untuk mengecek apakah smartphone sudah mendukung Camera2 API sangatlah mudah

Pertama bisa menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test, jika semua ceklis, itu berarti mendukung. Kedua menggunakan aplikasi Camera2 API Probe, pastikan data Hardware Support Level menunjukan akses Level 3 atau Full, karena jika Lecagy atau Limited berarti belum mendukung.
  • LEGACY: Android phones tersebut mendukung hanya Camera1 API. [x]
  • LIMITED: Mendukung beberapa fitur Camera2 API. [x]
  • FULL: Mendukung semua fitur Camera2 API. [v]
  • LEVEL_3:  Perangkat dengan level ini mendukung YUV reprocessing dan RAW image capture. [v]
Fyi : Gcam modifikasi akan lebih berjalan maksimal pada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon + dukungan Camera2 API.

Untuk pengguna smartphone dengan prosesor selain Snapdragon, seperti Exynos, MediaTek hingga Kirin tentunya beberapa developer sudah membuat Gcam yang support untuk prosesor tersebut, namun mungkin fitur yang bisa berjalan tidak sebanyak biasanya.

Apakah bisa Enable Camera2 API?

Ada beberapa trik untuk enable Camera2 API dengan cara Meng-Root smartphone kemudian edit “build.prop” atau dapat menggunakan Magisk modul Camera2 API.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel