ASUS VivoBook Ultra A412DA - Laptop Ringkas, Tipis Nan Bertenaga

“Hidup itu seperti Pelangi.
Perlu Hujan dan Matahari untuk Membuat warnanya muncul”

Ya begitulah hidup…

Hey! Kenapa tiba-tiba bahas soal kehidupan?!

Tenang..tenang postingan kali ini sebenarnya tidak membahas tentang apa arti kehidupan, tetapi membahas tentang salah satu gadget sehari – hari yang kita gunakan yaitu laptop.

Yaa, Laptop! Adalah sebuah gadget serbaguna yang mendukung aktifitas kamu, baik itu kamu seorangan pengajar,pebisnis,mahasiswa maupun pembuat konten.

Sama seperti pelangi yang perlu hujan dan matahari, Pekerjaanmu juga perlu didukung oleh Laptop agar hasilnya lebih Maksimal.

Laptop ini merupakan seri terbaru dari ASUS yaitu ASUS VivoBook Ultra A412DA. Laptop dengan tagline ”The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook” merupakan laptop yang tipis dan ringan dan pastinya sangat bertenaga

Bertenaga? Jelas. Laptop ini sudah ditenagai Processor AMD Ryzen™ 5 3500U dan dilengkapi grafis Radeon™ Vega 8 dan juga versi AMD Ryzen™ 3 3200U dan dilengkapi grafis Radeon™ Vega 3 yang merupakan bagian AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen terbaru. 

Apa sih keunggulannya?

Jika dibanding AMD Ryzen™ Mobile Generasi Pertama

Jika dibanding dengan Intel (AMD Ryzen™ 3500U vs Core i5-8250U)

Fitur AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen Terbaru

ASUS VivoBook Ultra A412DA

AMD bekerjasama dengan ASUS meluncurkan Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA. Laptop ini diklaim sebagai Ultrabook 14 inci paling kecil di dunia, Selain tipis dan ringan Laptop ini juga dilengkapi fitur yang menarik seperti Windows Hello™ serta varian warna yang “eye catching” yaitu Transparent Silver, Slate Grey, dan Peacock Blue. 

Siapa yang cocok menggunakan Laptop ini?
  • Mahasiswa atau pelajar, yang tidak hanyak untuk mengerjakan tugas tapi untuk multimedia dan juga gaming.
  • Pebisnis dan Traveler, yang sering bepergian memerlukan laptop ringan,tipis, serta baterai dan multasking yang dapat diandalkan.
  • Dan untuk siapapun kamu yang perlu laptop mid-range, ringan dan tipis, beragam fitur, dan harganya terjangkau.
Untuk mengenal lebih lanjut dari produk ASUS VivoBook Ultra A412DA, Mari kita ulik satu persatu:

KEYBOARD

Oke, Setelah kamu merasa cocok dengan laptop ini, pertama saya jelaskan soal Keyboardnya. Keyboard Laptop ASUS VivoBook Ultra A412DA mempunyai desain “chiclet” yang sudah diuji memiliki daya tahan hingga 10.000x penekanan. Selain itu, Laptop ini mempunyai ukuran tombol travel sebesar 1,3 mm, Kehadiran backlit keyboard dan dibantu dengan engsel ErgoLift membuat pengalaman mengetik kamu jadi lebih nyaman.

TOUCHPAD

Setelah membahas bagian keyboard, Tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas bagian Touchpad. Ukuran touchpadnya tergolong besar dan letaknya sangat pas saat posisi tangan diatas laptop. Menariknya dari laptop ini mempunyai  Sensor sidik jari atau Fingerprint Sensor yang akurasi dan ketepatan membacanya dapat diandalkan, oh iya dan sudah terintegrasi dengan Windows Hello.
Apa sih itu Windows Hello? Windows Hello merupakan fitur keamanan windows pada saat Login ke dalam windows, yang dulunya menggunakan kata sandi atau PIN menjadi dengan memindai wajah, iris dan juga sidik jari, hal tersebut membuat jauh lebih cepat,lebih private dan lebih aman.

BODY

Kesan Pertama terhadap ASUS VivoBook Ultra A412DA elegan dan mewah dengan Finishing metal aluminium yang glossy. Laptop ini memiliki dimensi 322 x 212 x 19.9 mm dan berat hanya 1,5 kg, Ditambah dengan pilihan warna yang "eye catching" menambah daya tarik untuk memiliki laptop ini.

LAYAR

Dari sisi layar, ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki ukuran 14″ beresolusi FHD 1920×1080 dengan refresh rate 60Hz lengkap dengan teknologi yang bernama NanoEdge Display yang menawarkan bezel ultraslim 5.7mm serta rasio layar ke body 87%. Dan yang terakhir adalah teknologi Anti-Glare Display yang membuat pandangan ke laptop jadi semakin luas dan pastinya menunjang kenyamanan dalam penggunaan jangka panjang.

PROSESOR

Pada sektor prosesor laptop ini terdapat 2 Varian yaitu AMD Ryzen™ 5 3500U dan AMD Ryzen™ 3 3200U kedua prosesor tersebut sudah menggunakan teknologi fabrikasi 12nm FinFET terbaru. Kecepatan prosesornya berjalan pada base clock 2.6 GHz (Up to 3.5 GHz) dengan memiliki jumlah 4 inti core dan 8 threads.

OPERATING SYSTEM (OS)


ASUS VivoBook Ultra A412DA sudah terinstall Windows 10 home (Original). Menurut saya ini merupakan nilai tambahn untuk laptop ini, Banyak sekali manfaat saat menggunakan operating system original, Seperti mendapatkan update rutin, dukungan teknis 24/7, dan dapat mendukung developer tersebut.

KONEKTIVITAS

Konektivitas pada laptop ini sudah disematkan USB Type-C, Port USB 3.1 Gen 1, USB 2.0, HDMI Full, Jack Audio 3.5 mm, slot microSD, dan Kensington Lock. Oh iya tidak hanya itu  Laptop ini juga dilengkapi dengan Integrated Wi-Fi 5 - 2x2 Dual Band (802.11 ac) yang menawarkan kecepatan 6x dari wifi biasa dan juga Bluetooth versi 4.2.

BATERAI

Pada sektor Baterai Lapton ini sudah menggunakan jenis baterai lithium-polymer berkapasitas 2 Cell 37 Whr yang diklaim umurnya 3x lebih lama dibanding lithium-ion.

Ada juga fitur Fast Charging yang sangat membantu ketika sedang digunakan. Teknologi ini mampu mengisi baterai hingga 60% hanya dalam waktu 49 menit dan dengan didukung ASUS Baterai Health untuk memastikan proses charging aman bagian device dan juga bagi penggunanya.

SOUND

Pada sektor Audio ASUS bekerjasama dengan beragam ahli audio untuk menghadirkan ASUS Sonic Master™, solusi audio premium antara software dan hardware didukung dengan beragam profil audio yang dapat disesuaikan.

Kualitas suaranya cukup menarik. Suara yang dihasilkan cukup kencang dan berkarakter warm, sehingga sangat mendukung pengalaman menikmati konten multimedia seperti video dan musik. Serta Audio bisa diatur sedemikian rupa agar terdengar lebih jelas dan suara bass yang menggema serta kualitas output audio bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagaimana Teknologi SonicMaster ini bekerja?
KESIMPULAN

Kekurangan :
  1. Tombol arrow kecil dan terlalu berdekatan (minor)
  2. Tombol power yang menyatu dengan keyboard (minor)
  3. Port USB sedikit
  4. Sulit dibuka dengan satu tangan (minor)
  5. Masih menggunakan HDD (bisa ditambah SSD)
Kelebihan :
  1. Feel keyboard yang nyaman
  2. Price to Performance sangat oke.
  3. Windows 10 Home - Original
  4. Ram sudah Dual Channel.
  5. Backlit keyboard dan Ergolift
  6. Pilihan warna beragam
  7. Ringan dan Tipis
  8. Fingerprint sensor
Laptop ini sangat cocok bagi kamu yang memerlukan Laptop tipis, ringan serta spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang terjangkau.
Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook Ultra A412DA
DISPLAY4.0″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) 60Hz Anti-Glare Panel
PROCESSORAMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
GRAFISRadeon™ Vega 8
Radeon™ Vega 3
RAM4 GB DDR4 2400MHz (1x Slot for expansion, up to 12 GB)
8GB DDR4 2400MHz, (1x Slot for expansion, up to 12 GB)
STORAGE1TB 5400 rpm SATA HDD (Seri Ryzen 3)
256GB SATA 3.0 M.2 SSD (Seri Ryzen 5)
OS (OPERATING SYSTEM)Windows 10 Home
I/O1 x COMBO audio jack
1 x Type-A USB2.0
1 x USB 3.1 Type C port(s)
1 x Type-A USB 3.1 (Gen 1)
1 x HDMI 
BATTERY2 Cell 37 Whr
DIMENSION DAN BERAT322 x 212 x 19.9 mm (PxLxT)
1.5 Kg (With Battery)
FITUR MENARIKIlluminated chiclet keyboard (optional), Fingerprint,
Windows Hello, Fast Charging, Asus SonicMaster.
HARGARp 8.599.000 - AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor
Rp 6.599.000 - AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor
Referensi :
  1. https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA
  2. https://www.amd-id.com/2019/06/asus-vivobook-ultra-a412da-laptop-tipis-on-the-go-bertenaga-amd-ryzen-mobile-2nd-gen/
  3. http://www.laptophia.com/2019/08/asus-vivobook-ultra-a412da-laptop.html
  4. https://www.asus.com/zentalk/thread-187929-1-1.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel