Apa itu Inovasi Organisasi dan Teknologi

konsep,tahap proses dan hubungan Inovasi Organisasi & Teknologi

Konsep

Inovasi merupakan konsep yang selalu terus berkembang, Tren merupakan wujud dari Inovasi. Dampak dari Inovasi berupa kondisi dan kreatifitas didalam organisasi maupun personal. Inovasi dalam organisasi sangat penting karena dapat menjadikan sebuah organinasi menjadi lebih baik dan tepat sasaran dalam pencapaian tujuan, Selain itu juga diharapkan menjadi solusi dalam persaingan yang ketat dan mencipkan sumber-sumber bagi keunggulan bersaing. 

Inovasi pada dasarnya “mengiyakan" dengan perubahan, selain itu juga berkaitan dengan resiko karena seringkali inovasi bersinggungan dengan luaran aktivitas penelitian dan pengembangan yang hasilnya tidak dapat dipastikan. Inovasi diawali dengan ide kreatif. Ide kreatif ini tidak selalu harus berupa upaya penemuan atau atau pencapaian sesuatu yang “besar” namun dapat juga berwujud upaya perubahan kecil untuk memperbaiki praktek yang sedang berlaku.

Tahap Proses Inovasi

Proses inovasi merupakan serangkaian aktivitas, mulai sadar atau tahu adanya inovasi sampai tahap implementasi. Dalam mempelajari inovasi dari para ahli, kemudian mencoba mengidentifikasi tahap-tahapnya selama proses berlangsung inovasi serta perubahan yang terjadi.
  1. Tahap Permulaan - Pada tahap ini suatu ide, kegiatan, atau material diamati oleh unit adopsi (penerima inovasi),
  2. Tahap Pembetukan Sikap - Kemudian hasil penelitian menunjukan bawah sikap terhadap inovasi memegang peranan penting untuk berubah atau menerima inovasi
  3. Tahap Pengambilan Keputusan - Tahap ini mencakup segala informasi mengenai potensi inovasi dievaluasi. Jika menganggap inovasi itu dapat diterima maka inovasi akan diterima dan diterapkan dalam organisasi, Demikian pula sebaliknya.
  4. Tahap Implementasi - Organisasi mencoba menerapkan sebagian inovasi.  Memperoleh pengalaman dalam menerapkannya, maka tinggal melanjutkan dan manjaga kelangsunganya.

Hubungan antara Teknologi Informasi dengan Invoasi 

Teknologi selalu berkaitan dengan kemajuan masyarakat, Dengan harapan dapat mewujudkan kesejahteraan ketika manusia berhasil menciptakan teknologi. Perkembangan teknologi sudah semakin luas, hal ini terlihat dari semua aspek kehidupan manusia yang hampir semua disentuh oleh teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel