Inovasi Teknologi dan Kreativitas

Resume Lengkap Inovasi Teknologi dan Kreativitas

Apa itu Inovasi Teknologi?

Sebelum mengenal lebih lanjut tentang inovasi teknologi ada baiknya mengetahui apa sih itu “Inovasi Teknologi”? Kalau mengacu dari arti perkata Inovasi berasal dari kata innovate (english) yang artinya menemukan sesuatu yang baru yang merupakan hasil dari kreasi. Terbentuknya inovasi merupakan proses yang kompleks. Apa hubungannya dengan teknologi? Jadi inovasi teknologi itu sendiri merupakan buah dari memanfaatkan hasil-hasil dari kegiatan teknologi. Inovasi teknologi berbentuk sesuatu yang baru, atau merupakan perbaikan penting baik berupa produk, proses maupun services.

Tahap – Tahap Inovasi Teknologi dan Contohnya
Setelah mengetahui arti dari Inovasi teknologi, maka berikut ini akan dijelaskan tahap dari inovasi dan contohnya:

  1. Tahap Pengetahuan (Knowledge)Dengan adanya inovasi maka seseorang akan membuka pemikirannya dan menyadari adanya suatu inovasi dan ingin tahu fungsi dari inovasi tersebut, menggunakan kegiatan mental bidang kognitif.
  2. Tahap Bujukan (Persuation)Pada bidang afeksi/perasaan juga sangat berpengaruh terhadap sebuah inovasi  yang membentu sikap senang atau tidak.
  3. Tahap Keputusan (decision)Kegiatan ini mengarah untuk menentukan “menerima” atau “menolak” sebuah inovasi. 
  4. Tahap Implementasi (implementation)Dalam tahap implementasi ini biasanya sudah menetapkan inovasi dan aktif secara mental maupun perbuatan, Keputusan dibuktikan dalam sebuah praktik dan pada umumnya mengikuti hasil keputusan inovasi.
  5. Tahap Konfirmasi (confirmation)Dalam tahap ini biasanya mencari penguatan terhadap keputusan yang diambil dan bisa menarik kembali keputusannya apabila bertentangan dengan informasi semula.
Contohnya : 
Tahapan Inovasi Teknologi pada Bisnis UMKM dapat, Pada bisnis juga bisa diterapkan tahap – tahap inovasi teknologi yang sudah dijelaskan diatas, Kelebihan dengan beralih ke dunia digital adlaah dapat menjaring banyak konsumen.

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?
Apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk memulai sebuah inovasi teknologi?
  1. Mempersiapkan Konsep dan Teknologi yang Matang
    Sebelum melakukan inovasi teknologi, maka perlu dipersiapkan konsep serta teknologi agar dapat mengetahui potensi keberhasilan suatu inovasi.
  2. Persiapan mental dan pengetahuan
    Membangun diri agar lebih memahami tentang dunia teknologi sekarang dan yang akan datang.

Apa itu Kreativitas?

Kreativitas merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, tujuannya adalah untuk memberi ide kreatif dalam memecahkan masalah. Kreativitas atau daya cipta melibatkan proses mental (gagasan atau konsep baru).
Kreativitas sebagai sebuah proses atau kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas) dan orisinalitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, memperinci) suatu gagasan. Pengertian ini lebih menekankan aspek proses perubahan (inovasi dan variasi).

Bentuk – Bentuk Kreativitas
Hal kreatif dapat diwujudkan ke dalam berbagai bentuk, berikut diantaranya:
  1. Gagasan
    Kreatif dapat diwujudkan dalam bentuk gagasan-gagasan dalam mengatasi masalah yang ada, Gagasan juga dapat dikemukakan secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Ide
    Pemikiran yang kreatif menghasilkan sebuah ide yang unik, Ide tersebut merupakan suatu pemikiran yang menciptakan solusi atas masalah yang ada.
  3. Produk (Barang atau Jasa)
    Produk merupakan wujud dari proses kreatif yang diharapkan dapat memenuhi harapan konsumen.
Bagaimana melatif diri agar kreatif?
Dalam hal kreatif kita juga harus mempersiapkan atau melatih diri agar lebih kreatif, Beberapa poin yang dapat kamu terapkan dalam proses kreatif, Berikut diantaranya:
  1. Ubah mindset 
  2. Berfikir secara sederhana
  3. Keluar dari zona nyaman
  4. Belajar dan perbaiki kesalahan
  5. Jadilah diri sendiri/percaya diri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel